Penghargaan bagi Keterbatasan (Menunggu Sahutan di Kala Pagi Menjelang) #GSB PART 1

Sunyinya malam membuat tentram. Cerahnya pagi membuatku mandiri. Ya, hari ini adalah penghargaan bagi keterbatasan diri. Bermula dari niat yang seadanya bahkan hanya ingin mencari kesibukan karena sesuatu hal.

Gerakan Suka Baca. Entah kenapa sore itu otak berpikir agar membuat sesuatu yang bisa bermanfaat bagi sekitar. Tanpa survey dengan yakinnya tercetuslah nama Gerakan Suka Baca. Padahal, keyword itu sudah sangat banyak dalam search engine.

Waktu terus berjalan, hingga akhirnya tangan ini jahil untuk membuat sebuah poster, pamflet, flyer. Ah… apalah namanya itu dalam versi digital agar bisa dengan mudah disebarluaskan di sosial media. Dengan keterbatasan ide kreatif dalam mendesain yang ala kadarnya. Saya hanya memikirkan “Bagaimana caranya supaya pas orang baca langsung tertarik?”. Yap, sepengetahuan saya, manusia sangat menyukai ragam warna. Maka jadilah beberapa poster, pamflet atau apalah itu dalam bentuk digital yang penuh dengan warna.

***
Respon demi respon terus berdatangan. Baik dukungan maupun saran yang terkadang membuat hati kecil sungkan untuk meneruskan. Namun, semangat-semangat itu kembali muncul ketika saya menjadi saksi bahwa “masih ada loh orang yang baik”.

Siapa sangka orang-orang yang tidak saya kenal sebelumnya tiba-tiba mengirimkan paketan buku, iqra, alat tulis dan lainnya. Selain itu siapa sangka ketika saya menyerah karena selalu gagal dalam pengajuan proposal dan izin peminjaman tempat kegiatan, tiba-tiba ada seorang teman yang menawarkan tempat untuk kegiatan dan sangat mendukung secara penuh sampai memberi CP yang harus dihubungi. Lelah karena pekerjaan, sindiran karena almamater LULUSAN, putus asa karena beberapa panti asuhan dan yayasan tak kunjung memberi kepastian membuat saya sangat drop pada saat itu.

Saya pun sulit untuk semangat dan optimis, tapi saya memberanikan diri untuk menghubungi CP tempat tersebut bahkan saya sampai mendatangi tempat tersebut untuk memberi surat izin serta penjelasan kegiatan. Hujan, Sinta dan Ika yang menemani dan terus memberi saya keyakinan bahwa tempat ini akan memberikan jawaban IYA!

Pada titik itulah saya merasa bahwa Semesta Ikut Mendukung!
***

Hingga pada akhirnya hari ini. Minggu, 16 Oktober 2016 semua rencana yang saya khayalkan berubah menjadi nyata bahkan melebihi ekspektasi. Tanggal dan hari yang saya buat sebab keisengan semata karena saya sudah malas mengedit poster yang sudah jadi, rasanya menjadi tanggal keberuntungan serta pembuktian bahwa ucapan akan sangat bisa menjadi kenyataan.
Rasanya masih seperti mimpi. Bagaimana tidak? Target siswa 10 orang saja saya tidak yakin, karena sampai tanggal terakhir pendaftaran baru ada 5 siswa yang mendaftar. Namun, dengan kekuatan kepercayaan dan bantuan dari teman saya Joko, maka hadirlah 15 malaikat yang berkerumun dalam satu tempat yaitu Sekolah Master Depok.

Terharu pastinya, meskipun berjuang di tengah kemacetan dan harus ribet bawa barang-barang dan kardus kardus besar berisi buku. Rasanya semua lelah hilang karena sambutan hangat para malaikat kecil yang tulus serta dukungan teman-teman dalam hal waktu dan tenaga. J’ref, Teman Kampus, Indri, Mba Dwi dan Hary, Joko dan Rahmat. Mereka adalah best thing I ever had. Sulit untuk dideskripsikan. Namun, mereka selalu hadir memberi pencerahan.

***
Bertemu dengan adik kecil yang berasal dari beragam background memberikan kami pelajaran untuk lebih mensyukuri hidup. Anak TKI, anak pemulung, anak tukang parkir, anak pedagang asongan, anak buruh cuci mereka mempunyai hak yang sama dalam hidup.

Semangat belajar mereka yang tinggi membuat kami malu untuk melihat “ke atas”. Kelihaian mereka mengaji dan tersenyum dalam keterbatasan seolah “menyentil” kami agar lebih memperbaiki diri 🍃

Sangat beruntung dipertemukan Tuhan dengan kalian. Dika, Ajahar, Danang, Cahya, Pito, Nabil, Iam, Adit, Aisyah, Butet, Safira, Puja, Okta, Affan, Andra. Terima kasih untuk perkenalan dan kesan yang telah kalian berikan hari ini.

Berusaha bermanfaat bagi orang lain bukan hanya milik alumni Universitas ternama. Berbuat baik adalah hak semua manusia :):):)

To be continued…

-Bricks 161016-

Leave a Reply

