Family (?) Friend (?) No!

Sesak rasanya. Ingin meluapkan namun tak tau dengan siapa. Pengkhianatan seorang teman akan rahasia membuat muak terbuka dengan sesama.
Terlahir dari keluarga yang tidak bisa dipilih.

Entah harus bilang beruntung atau tidak. Satu yang pasti. Kemarahan lebih dominan dalam keluarga ini. Teriak terus menerus membuat kuping dan kepala ini ingin meledak. Mual mendengar kalimat dan melihat wajahmu. Kata-kata kasar selalu terlontar seolah kami binatang. Kami MANUSIA!!!!!!!!!!!!
Selalu berekspektasi makan malam bersama meski di warung tenda. Sulit rasanya, ada saja ‘umpatan’ terlontar di udara.

Memang… memang banyak yang lebih miris dan apes dari kondisi ini. Namun, ada kalanya seseorang berhak merasa tidak baik bukan?
Jujur, saya tidak kuat. Bahkan ingin menyerah. Selalu jadi korban. Selalu jadi kambing hitam. Keluarga besarpun tidak memercayai perjuangan saya. Mereka tidak memercayai bahwa saya sedang ‘tidak baik’. Saya dipaksa harus selalu ‘baik-baik’ saja? Apakah adil?

Apa kalian tau betapa pusingnya membagi penghasilan untuk kewajiban yang sebenarnya bukan tanggungan?
Apa kalian tau betapa pusingnya mencari uang untuk bertahan menyelesaikan kuliah?
Apa kalian merasakan mendapat gaji setengah namun harus tetap memberi uang utuh kepada orang tua?
Apa kalian merasakan betapa bingungnya jika ingin makan enak?
Apa kalian merasakan diremehkan teman karena hal ini?

Banyak hal yang kalian tidak tau. Saya terlihat baik-baik saja karena saya tidak ingin dikasihani. Saya masih memiliki Allah yang selalu membantu saya.
Namun, adakalanya saya berada di titik terendah. Hingga tak kuat rasanya untuk bangkit lagi.

Satu yang saya banggakan. Saya tidak pernah lagi mengeluh kepada kalian. Saya bahagia tidak mengeluh kepada orang yang salah. Saya rasa itu adalah rahmat terbesar-MU. Saya tidak minta kasihan dari kalian. Jadi, jangan mengumpat dan mengambil kesimpulan sendiri.
Terima kasih Allah.

Leave a Reply

