Allah dan Orang Tua dalam Hidup

Manusia tempat salah. Manusia tempat berbuat dosa. Manusia adalah sumber kesalahan. Bahkan ahli kitab, pemuka agama, dan orang-orang yang sudah dijamin Allah masuk surga dikisahkan mereka merasa tidak pantas untuk masuk ke dalamnya.

Mendengar, memahami, dan belajar bahwa memang hidup ini ringan. Hanya saja manusia yang membuat menjadi berat dan repot. Meski begitu, makna ringan dalam hidup tidak sama secara leksikal. Ada makna tersembunyi dan perlu telaah untuk memahami.

Setiap manusia mempunyai warna yang berbeda. Hanya saja ada sebagian manusia belum mampu mengokohkan warnanya sendiri. Ya, masih mencari karakter bahkan tidak mengetahui jati diri sesungguhnya.

Ada sesuatu yang sulit diungkapkan. Ada banyak kata yang sulit untuk tersusun. Namun, bisa jadi itu hanya paradigma sesaat. Pemikiran jauh sebelum mencoba. Entah positif atau negatif. Ya, lebih banyak negatif sepertinya.

Hidup untuk manusia atau manusia untuk hidup.

Ya, hanya ada dua yang tetap bersama.
Hanya ada dua yang tetap mengakui.
Hanya ada dua yang tetap percaya.
Hanya ada dua yang tetap menerima.
Hanya ada dua yang menilai dari semua sisi.
Hanya ada dua yang jujur memahami.

Allah SWT dan Orang tua. Hanya mereka berdua yang tetap menilai manusia baik meskipun sedang melakukan hal yang kurang baik.

Setiap manusia memiliki sisi baik. Namun, selera manusia tentang baik akan berbeda-beda. Milikilah porsi baik sesuai kemampuan diri sendiri. Itu akan lebih baik daripada mengikuti porsi baik versi orang lain karena kemampuan manusia berbuat baik satu sama lain akan berbeda.

Kedamaian sejati kita yang menentukan. Memahami materi dan konsep belum tentu dapat mengaplikasikan. “Mencoba berbuat baik dan benar lebih baik daripada merasa baik dan benar”. Namun satu yang harus dipahami. Allah-lah yang mutlak menentukan baik atau jahatnya seseorang :’)

Hai, dewa Brazo. Semoga ini tidak hanya menjadi sebuah tulisan tetapi dapat menjadi sebuah pegangan hidup untuk kedamaian 🙂

-Bricks260415-

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s