GAUL? ANTARA NORMAL DAN ABNORMAL

Ngomongin kata yang satu ini emang seru sih, tapi sedikit empet juga dengerinnya. Yayaya akhir tahun 2010 kata mulai mengguncang dunia khususnya remaja-remaja yang baru berkembang. Bahkan sampai sekarang kata itu masih happening banget di jejaring social maupun celotehan sehari-hari. Jujur sih, dulu tuh sempet lupa dengan makna galau sebenernya tuh apaan? Karena gua tau GALAU itu pas ada lagunya si TITI DJ.

Nah semenjak itu gua gak tau deh yang mempopulerkan kata galau itu siapa. Kata galau mulai membara ketika gua di kelas 3 SMA. Dan di strata itu ada satu orang yang dijadiin maskot GALAU. Entah kenapa, setau gua sih karena masalah percintaannya dengan seorang wanita. Ya namanya juga anak muda.

Tapi semakin kesini, gua males deh denger tuh kata GALAU. Ya sekarang gini aja ya. Setiap update status di jejaring social menye-menye sedikit pasti dibilang galau. Awalnya yang buat seru-seruan jadinya malah menyebalkan. Kalau menurut gua sebagai anak sastra sih ini menghambat jiwa-jiwa orang yang mau berimajinasi tinggi dengan kata-kata loh.

“Entahlah, walaupun bunga pemberianmu layu. Tetapi cintamu tetap membara dihatiku, walau raga kita terpisah jauh. Antara ruang dan waktu.”

Kalimat diatas kalo jaman dulu sebelum 2010 sih itu mungkin di komennya:

  1. Ih so sweet.
  2. Halah sok puitis lu.
  3. Romantis banget
  4. Wah, cocok jadi calon penyair masa depan.
  5. Ih keren banget.

Kalo jaman sekarang nih ya, khususnya tahun 2010-2012 kommennya tuh gak jauh gak bukan:

  1. Galau.
  2. Galaoo.
  3. Cie, galau.
  4. Ehm, galau bos!
  5. K4mo3h lag1 G4l4u yach?

Jadinya suka males lagi gitu kan buat kalimat yang “agak gimana gitu”. Sedikit-sedikit dibilang galau, sedikit-sedikit dibilang galau. Ya gerah lah men lama-lama orang kalo digituin!!!

Belum kelar nih sensasi. Anak gaul semakin bertingkah. Mereka selalu berulah, ya gua akuin MEREKA KREATIF. KREATIF BANGET MALAH. Tapi kenapa sih pola pikir pengguna trend itu pada “belok” semua? Ya “belok” a.k.a “salah tafsir”. Hem ham hem, GALAU berlalu sekarang muncul KEPO.

Ya Allah, dosa apa ini. You know what? KEPO adalah singkatan awal bahasa Inggris “Care Full” a.k.a menunjukkan kepedulian a.k.a simpatik kepada suatu keadaan ataupun seseorang. Intinya positif toh!! Tapi lagi-lagi otak pengguna trend yang “belok” itu gak ngerti cara penempatannya.

Pernah pas buka FB, terus ngeliat ada temen yang update status tentang kehamilannya yang menuju waktu kelahiran si janin.

“Bangganya aku sebentar lagi akan menjadi seorang ibu. Aku tidak sabar melihatmu lahir ke dunia ini my babby :*”

Kira-kira begitulah bunyinya, walau ada karangan bebas sedikit. Lalu tiba-tiba ada yang komen nih, kebetulan dia juniornya si ibu hamil ini.

Papara: “Emang udah berapa bulan ka?”

Kumya: “Ih kepo banget si lu. Haha.” (Temen seangkatan si ibu hamil)

Kucai   : “Iyanih, kepo banget sih?” (Si ibu hamil, si empunya status)

Sungguh dari percakapan hasil gua nge-stalk akirnya gua tau arti KEPO bagi pengguna belok itu apa. Ya bagi mereka KEPO itu artinya “mau tau banget sih urusan orang” ya kira-kira begitu sih. Mungkin gua juga kadang suka “belok” ya memaknai kata-kata gaul jaman sekarang. Tapi kalo misalnya konteksnya kaya diatas, gua rasa si Papara sama sekali gak KEPO!!!

Sekarang gini, kalo orang hamil itu wajar kan kalau ditanya usia kandungan? Kalau mau pake tafsir KEPO. Kepo-an mana sih, nanya usia kandungan berapa bulan atau nanya pas hamil ngidam apaan? Ha ha ha???

Kadang gua merasa anak gaul sama anak alay itu beda tipis ya. Kadang malah menurut gua simpelan anak alay daripada anak gaul. Anak 4LAY itu cuma repot sama gaya tulisan mereka doang. Tapi ngomong biasa aja kaya orang normal. Ada gak anak 4L4Y yang ngetik “bête beudhh” pas ngomong di dunia nyata ngomonginnya persis kaya ketikannya? Kayanya jarang ya, gua malah sering nemuin anak G4HoeL yang plesetin tuh omongan.

Nah kalo anak G4HoeL sendiri, banyak banget tipenya.

  • Gaul beneran.

Gaul ini tergolong cerdas. Kenapa? Karena dia paham betul yang termasuk golongan apa aja yang gaul. Maksudnya dia ngerti dan update tentang fashion, tempat kongkow, dan bahasa yang digunain juga sesuai sama porsinya. Biasanya sih gaul yang ini kalo ngetik sama ngobrol ada sedikit campuran kalimat Inggris Britishnya gitu. Dan tetep keliatan keren.

  •  Gaul musiman.

Nah gaul ini biasanya Cuma ikut-ikutan trend doang nih. Masih inget trend “kacamata Dochi” kan? Nah banyak nih yang gaul musim ini, kalo sekarang sih jatohnya jadi alay *katanya*. Gaul tipe ini biasanya sih ribet di ketikan sama rempong di obrolan. Kece badai lah, cukstaw, brb, ntahlah apa itu namanya. Yang jelas dia ngikutin aja trend yang lagi IN banget saat itu.

  •  Kebelet gaul.

Nah ini yang bahaya banget. Karena kalo misalnya keserempet dan “maksain” bisa-bisa jatohnya jadi orang yang gak guna a.k.a nyampah. Kalo cewe biasanya mereka maksa buat 3B (BB, Behel, Belah tengah) dan kalo cowo tuh SATPAM (Shuffle, Ayo Parkour, Tindik, Party and Drugs Ampe Malem). Kadang suka kasian sih, karena biasanya mereka berasal dari keluarga yang kurang tajir. Ya ujung-ujungnya ya gitu.

Tapi sebenernya lucu juga kalau lagi baca artikel, tumblr, ataupun tweet anak-anak gaul. Mereka semua berwarna. Sebenernya sih 4L4Y dan G4HoeL itu hanya status ya sama juga kaya Lajang dan Nikah. Kadang gua alay kadang gua juga gaul. Kadang juga gua “belok” jadi ya kembali ke persepsi masing-masing aja tentang cara kita berteman dan siapa teman kita? Itu yang penting sih, gua inget kata temen-temen gua bahwa “alay” mengingatkan kita pada masa lalu. Dan “gaul” adalah masa depan kita yang tertunda. Selama hidup ini dimaknai simple pasti semua bakalan seru-seru aja. Tapi kadang kepikiran juga sama tweetnya @sudjiwotedjo “Lama-lama orang sedih dibilang GALAU, orang peduli dibilang KEPO.” Tapi, kehidupan ini emang indah kok, apalagi ORANG-ORANG YANG ADA DI DALAMNYA. Hehe…

-Tertanda-

Renita Yulistiana

18 tahun – 24082012 – (Pakar Sotoymatika)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s